Kelebihan Dan Resiko Setelah Melakukan Rooting Android

kelebihan dan resiko root android

Bicara mengenai rooting android memang ada kelebihan serta resikonya. Tidak jarang orang belum berani melakukan root di perangkat Android miliknya. Entah itu karena faktor tidak tahu cara melakukannya atau bahkan takut karena jika salah langkah dalam mengikuti panduannya bisa menimbulkan kerusakan.

Yang unik menurut saya meskipun sudah melakukan rooting masih banyak yang bingung harus bagaimana untuk memaksimalkan supaya perangkat android yang kita miliki berbeda dengan yang lain. Menurut saya pribadi itu lumrah, pada awalnya saya juga mengalami hal yang sama dan sekarang juga masih sama, hehee. Tetapi jika kita gabung dan sering sharing di group entah jejaring sosial facebook ataupun forum yang membahas tentang root android mungkin bisa menambah wawasan serta banyak masukan yang bisa anda peroleh.

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita perlu mengetahui dulu kelebihan dan resiko yang muncul jika kita melakukan root pada android, supaya dapat dijadikan referensi apakah tetap ingin melakukannya ataukah mengurungkan niatnya.

Kelebihan Root Android

Ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa kita peroleh setelah berhasil melakukan root pada perangkat Android, diantaranya sebagai berikut:

1. Hak akses penuh pada System
Dengan melakukan rooting itu berarti hak akses menyangkut system di android sepenuhnya kita yang memegang. Karena sifat dari operasi system sendiri adalah open source maka dapat leluasa mengedit jeroan dari system tersebut.

2. Menambah fitur yang tidak ada sebelumnya
Menambahkan beberapa fitur fungsional bukan perkara mudah, tetapi jika menguasai program java atau sekedar memahaminya kita bisa membuat fitur sendiri atau meniru gaya smartphone yang lebih canggih. Seperti merubah tampilan pada status bar maupun di expanded atau juga pada home screen dan lock screen. Atau sekedar memindahkan data aplikasi ke SDcard dan membuat android support OTG dan masih banyak lagi.

3. Modifikasi pada aplikasi
Bermodalkan pemahaman tentang struktur script xml dan tahu cara decompile recompile aplikasi maka kita bisa memodifikasi suatu aplikasi sendiri. Meskipun hanya sekedar merubah warna atau tampilan aplikasi setidaknya ada kepuasan tersendiri jika berhasil melakukannya. Nah jika kita belum bisa memahami dalam dunia kode script, kita masih bisa memodifikasi aplikasi hanya dengan mengcompare guide yang sudah banyak dishare di forum khusus developer android, contoh yang familiar di Xda Developers.

4. Bisa lebih banyak menginstal aplikasi
Berbeda dengan yang diatas, kalau yang ini mengkhususkan android untuk memungkinkan menginstal dan menggunakan aplikasi di google play yang membutuhkan hak akses root.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan yang bisa didapat setelah melakukan rooting android, tetapi cukup itu saja yang bisa saya tuliskan, selebihnya bisa anda ketahui setelah melakukan root di android anda.

Resiko Root Android

Sebenarnya ini menuntut pada pandangan masing-masing. Tak jarang orang beranggapan setelah android di root maka tidak lagi mendapatkan garansi dari service center, apa ini benar? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Untuk lebih jelasnya anda simak dibawah.

1. Garansi hangus
Produsen smartphone android selalu memberikan garansi kepada customernya saat mereka membeli produk baru bukan second. Biasanya masa garansi akan berbeda-beda tergantung ketetapan dari tiap produsen. Tingkat kerusakan yang diperbolehkan untuk garansi tentu harus murni dari perangkat, bukan karena ulah manusia seperti habis jatuh atau kecemplung ke air. Dan jika android dalam kondisi root dan masih masa garansi apabila muncul kerusakan dari system lalu kita menyerahkan perangkat tersebut ke service center supaya diperbaiki tentu saja diperbolehkan, akan tetapi dengan biaya perbaikan ditanggung sendiri.

Biasanya pihak SC akan memeriksa binary conter untuk mengetahui apakah perangkat sudah pernah di root atau belum. Contoh saja smartphone brand Samsung, meskipun smartphone android telah diroot terus dibalikin kesemula lagi dengan menginstal firmware original Samsung, tetap binary conter akan memunculkan angkanya. Jika ingin menghilangkan atau mereset angka pada binary conter, untuk smartphone merk Samsung bisa memanfaatkan aplikasi khusus bernama Triangle Away yang tersedia di Google Play Store (aplikasi ini belum mendukung di semua tipe). Dengan begini status smartphone jadi benar-benar resmi kembali.

2. Pembaruan perangkat lunak putus
Smartphone keluaran terbaru sering sekali mendapatkan pemberitahuan tentang pembaruan perangkat lunak yang bisa diunduh secara langsung dari perangkat atau dikenal dengan pembaruan via OTA (Over The Air). Pembaruan ini hanya berlaku untuk smartphone yang benar-benar masih berstatus resmi dan tidak diperuntukan bagi smartphone android yang sudah root.

3. Bootlop
Yaitu kerusakan muncul jika perangkat hanya terhenti di logo saat pertama kali dihidupkan alias tidak mau masuk ke home screen. Kerusakan jenis ini kebanyakan dialami jika salah menginstal file atau mengedit jeroan system. Contoh saja, saat kita salah tutorial dalam menginstal file root via odin atau salah karena ternyata file tersebut tidak kompatible dengan perangkat kita maka sudah dipastikan akan bootlop. Akan tetapi kerusakan jenis ini masih bisa ditangani sendiri selama masih bisa masuk ke mode download atau mode recovery.

Penutup

Keterangan ini hanya sebagian kecil dan masih banyak lagi kelebihan serta kekurangan root android yang tidak bisa saya tulis semuanya. Harapan saya dengan perbandingan diatas bisa dijadikan pertimbangan bagi anda yang ingin nge-root androidnya.

Post Pilihan:

8 Responses to "Kelebihan Dan Resiko Setelah Melakukan Rooting Android"

  1. Buat pengguna windows phonse sedih nih,,, gak bisa jailbreak/ root :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap OS beda-beda sob, kalau suka tampilan windows mending pake nokia X family, android rasa windows phone.

      Delete
  2. Quote "Pembaruan perangkat lunak putus" pantes ane gk pernah dapet pembaruan lagi setelah diroot :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob. Kalau hp keluaran terbaru emang harus dipikir dua kali soalnya masih sering ada pembaruan.

      Delete
  3. aduuh jangan dulu deh klo penuh resiko :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak terlalu penting jangan sob.. kapan-kapan aja :-)

      Delete
  4. Apa ada cara buat mindahin file obb tanpa root? Ane mau mindahin obb tapi gamau di root -_- jadi bimbang ane :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya gak bisa gan soalnya aplikasi untuk mindahin file obb sendiri butuh akses root.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!