Floating Video Samsung Galaxy J5 dan J7 Tanpa Root

Kembali tips dan trik android hadir buat sobat pengguna smartphone Samsung Galaxy J5 atau mungkin J7 juga bisa. Trik yang akan dibahas kali ini adalah Floating Video yaitu menampilkan video player dengan ukuran mini dan akan tetap berjalan meskipun kita sedang membuka aplikasi lain.

Seperti yang kita tahu bahwa video player bawaan Samsung Galaxy J5 dan J7 belum mendukung floating mode, maka dari itu saya akan kasih tahu triknya disini. Dan sekali lagi trik ini bisa digunakan tanpa root akses.

Baca juga: Tutorial Root Samsung Galaxy J5

Trik ini hanya memanfaatkan Display Simulator bawaan smartphone untuk menampilkan floating video. Jadi tidak membutuhkan atau tanpa aplikasi. Seperti inilah tampilannya.

Floating Video J5 dan J7

Meski hanya memakai display simulator namun cukup berjalan dengan baik saat menampilkan video. Cara menggunakannya cukup mudah saja, berikut tutorialnya:

1). Buka settingan perangkat dan masuk ke Developer Options. Jika developer options belum ada maka perlu diaktifkan lebih dulu, sobat masuk ke About device >> Build number (tap/tekan 5-7 kali sampai muncul toast dan Developer options akan aktif). Untuk lebih detailnya silahkan baca Cara memunculkan dan menyembunyikan Developer options di Android.

2). Dihalaman developer options, scroll kebawah pada bagian Drawing klik Simulate secondary displays dan pilih ukuran display defaultnya terserah sobat. Misal 720×480 mdpi dan nanti terlihat mini display muncul dibagian atas layar.

Display simulator
Note: Mini display ini dapat di geser-geser dan juga di perbesar maupun diperkecil.

3). Untuk menampilkan floating video, langsung saja putar videonya dari aplikasi video player bawaan dan kemudian tekan tombol Home (bukan back). Secara otomatis video akan beralih ke mini display. Sekarang sobat bisa jelajahi tuh berbagai aplikasi sambil menonton videonya.

Kesimpulan

Trik ini hanya memanfaatkan display simulator untuk menampilkan video (floating video). Jadi tidak bisa mengakses langsung di mini display seperti mengganti lagu, play, pause, dan lain-lain. Untuk mengaksesnya bisa langsung ke aplikasi video player atau di notifikasi expanded.

Floating video akan bekerja jika diputar dari video player bawaan smartphone.

Display simulator hanya bisa di resize dan digeser-geser saja. Untuk background maupun tingkat transparansinya tidak bisa dirubah.

Tested on J5
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

Posting Komentar untuk "Floating Video Samsung Galaxy J5 dan J7 Tanpa Root"