Mengatasi "Custom Binary Blocked by FRP" Setelah Root Android

Custom binary blocked by FRP

Salah satu kegagalan root android yang sering dialami akhir-akhir ini adalah munculnya tulisan peringatan custom binary blocked by FRP dengan background layar hitam. Smartphone tidak diijinkan masuk ke home screen meski mencoba factory reset melalui recovery mode hasilnya tetap sama mentok disitu lagi.

Masalah tersebut sering ditemui pada smartphone yang sudah memiliki fitur FRP (Factory Reset Protection), yaitu fitur android yang mampu memblokir ketika ada perubahan atau penghapusan data system seperti factory reset.

Melakukan root juga termasuk merubah system android, mengganti official binary beralih ke custom binary. Sebenarnya root android tidak akan bermasalah asalkan sebelumnya kita unlock bootloadernya lebih dulu, atau OEM unlock pada smartphone Samsung sehingga FRP tidak akan mendeteksi perubahan pada binary.

Mengatasi Custom Binary Blocked by FRP

Sejauh ini yang saya tahu belum ada trik khusus menangani custom binary blocked by FRP selain dengan flash firmware. Jika smartphone sobat mengalami masalah seperti ini sebaiknya lakukan flash atau instal ulang firmware sesuai tipe masing-masing perangkat.

Perlu diingat juga, karena system sudah terlanjur kena block FRP maka setelah flash firmware selesai dan perangkat dihidupkan, biasanya akan diminta verifikasi ulang menggunakan akun google yang sebelumnya dipakai smartphone. Kalau misal tidak tahu atau lupa password, bisa diatasi dengan Bypass verifikasi akun google supaya lolos dan nggak disuruh verifikasi. Dengan begini smartphone akan kembali normal dan siap untuk mulai root dari awal lagi.

Jika ingin mengulagi root lagi untuk smartphone dengan fitur FRP (biasanya OS 5.1 atau lebih tinggi) diharuskan unlock bootloader atau OEM unlock terlebih dahulu dan USB debugging juga perlu diaktifkan. Untuk melakukannya setiap brand akan berbeda caranya, Samsung sendiri cukup masuk ke pengaturan perangkat -> developer options (aktifkan OEM unlock dan USB debugging disini).

Post Pilihan:

80 Responses to "Mengatasi "Custom Binary Blocked by FRP" Setelah Root Android"

  1. yg jadi prtanyaan saya apakah ketika verifikasi mnggunakan akun google yg partama akan kmbali sperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob. akun yang sedang digunakan bisa untuk verifikasi

      Delete
  2. trimakasih penjelasannya.. nnti ku coba..
    sukses slalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba. Dan sukses juga buat mas fen'dy

      Delete
  3. Klw cara mengatasi samsung tab4 yg gak terdeteksi kartu sim nya gmn ?.apa mungkin itu rusak sinyal/hp nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tahu pasti kalau masalah itu. Tapi kemungkinan besar menurut saya ada 2 masalahnya, bisa dari slot hpnya atau juga dari plat kuningan sim card yang sudah kusam.

      Delete
  4. Replies
    1. Instal ulang firmware mas Zainudin.

      Delete
  5. Boleh tuh hp ane di normalin gan...klo ente buka servisan di jakarta ane mo servis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak buka jasa servis mas... 😊

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Ane pernah nyoba pake kingroot tapi yang diatas belum dicentang, alhasil kena block. Sekarang udah normal, mau nyoba root lagi pakai king root dengan mencentang OEM Unlock dan USB Debugging apakah pasti berhasil ke root? Soalnya ane rada takut nih. Trauma xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti berhasil sob. Gak ada yang perlu ditakutin lagi

      Delete
    2. di apain gan kok bias normal?

      Delete
  8. gan kok hp sya masih kena block pdahal udah di aktifin OEMnya....mohon pencerahan.nya gan....makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau itu sob, btw ngeroot android nya pake apa dan sudah di update binary melalui super SU apa belum?

      Delete
  9. gan boleh minta pin. bb atau id line spya bsa sharing langsung masalah seputar hp android???

    ReplyDelete
  10. Ngeroot pke auto root samsung jsm500g & odin sob...rootx siih berhasil sob smpe d root cheker udah di verifiykasi terus supersunya terdonload sendiri pas hbis root...yg jd mslah waktu mw nge cas hp sob saya nonAktifkan OEM nya trus matiin hp,,pas mw di cas muncul deh blocked systemx...apa mungkin krn itu yaah kesalahan saya sob...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi. Pas hp off atau restart dalam kondisi OEM nonaktif pasti binary terdeteksi jadinya diblokir deh.

      Delete
    2. ap harus di aktifin terus tuuh OEM nya sob?????

      Delete
  11. Sekarang hpx udah normal sob hbis di instal ulang firmwarex semalem...rencana siih mw ngeroot lgi tpi trauma klo2 nnti ke blocked lgi...makanya sharing2 dlu sob sblm ngeroot ulang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan itu install ulang firmware nya pake odin jg? kan katanya oem nya ke lock tetep bisa yaa ? mohon dibales gan. hp saya jg ke block frp gara2 oem nya saya matikan..

      Delete
  12. jadi masukanx ini gmn sob....sbaiknya di apain yaah????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mau diroot lagi nggak masalah yang penting OEM Unlock harus aktif terus. Ini untuk menghindari FRP mem-block binary SU.

      Delete
  13. thanks sob masukan.x ini baru mw d root ntr sharing2 lgi klo2 ad mslah sob....

    ReplyDelete
  14. ahirnya slsai root dan gak ada masalah lagi sob alhamdulillah....thanks utk saranX sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sob ini ad mslh lgi ko perangkatnya minta d root ulang pdhal kan udah 2 hri ini teroot,,malah minta di root ualang chek pke rootcheker udah gak ke ferivikasi lgi....penyebabx apa yaah?? Mohon infox lagi sob....

      Delete
    2. Minta diroot ulang gimana maksudnya?

      Delete
  15. Iyaaa ini udah 2 kali kejadian brusan jga keterangan d rootcheker sory root acces is not properly...pdhal kan udah d root...ap jngan2 ad aplikasi yg bisa membatalkan root acces yah???

    ReplyDelete
  16. Iyaaa ini udah 2 kali kejadian brusan jga keterangan d rootcheker sory root acces is not properly...pdhal kan udah d root...ap jngan2 ad aplikasi yg bisa membatalkan root acces yah???

    ReplyDelete
  17. Sama samsung j3 gw gitu Jadi harus instal ulang ,wah ernyata oem di matiin itu bahaya ya ����

    ReplyDelete
  18. Mas samsung galaxy a8 saya tadi.a ke lock trs saya firmware emang sih udah g ke lock tpi skrang malah boot loop g bisa ke mana2 cuma di bacaan galaxy a8 aja. Mau di hard reset g bisa masuk recovery bisa.a masuk mode download doang gimana ya mas mohon bantuan.a dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mas satu lagi nih madalah.a hp saya g bisa di matiin dia nyala trus di bacaan samsung a8, klo bisa buka mah batre.a saya buka sumpah .. Ini mah g bisa tolong y mas bantu saya.. Mau saya bawa ke konter dia minta 3,5juta

      Delete
    2. Kemungkinan ada yang salah prosedur atau file firmware salah jadinya bootlop. Kalau masih bisa masuk mode download mending flash ulang lagi aja.

      Delete
    3. Ohhj... Trs saya download.a di mana yg file.a sama dengan hp saya? . denger2 samsung kies bisa apa bner itu?

      Delete
    4. Firmware bisa diambil di sammobile[dot]com. Cari yang sesuai PDA/AP hp agan. Kalau samsung kies itu untuk koneksi saja dari hp ke PC, pakai samsung usb drivernya saja pun bisa.

      Delete
  19. Ini bner2 terlindungi gk gan??????

    ReplyDelete
  20. Ini bner2 terlindungi gk gan??????

    ReplyDelete
  21. Ini bner2 terlindungi gk gan..???????

    ReplyDelete
  22. Kemarin saya sempat meroot hp saya mas bro. Udah dua kali ke block binary terus. Dan akhirnya trauma mau root lagi ����

    ReplyDelete
  23. gan mau nanya samsung j5 saya muncul tulisan costom binary blocked by FRP...tolong info gimana cara menghilang kannya

    ReplyDelete
  24. gan samsung J2 ku...jga kena FRP udh di flesh....udh bener tu hp..tp..1 hari kemudian... kena FRP lock lagi...sudah 2x gtu trus...solusinya gan... makasih

    ReplyDelete
  25. Makasi bnget gan...tutorialnya emang manteeppp saya suka.kemaren samsung j5 saya kena blocked by frp tpi skrang alhamdulillah berkat ini hp saya kemabali normal seperti smula.

    Cuman saya mau tanya gan..klo saya rooting ulang gk ppa ni kena blocked by frp lgi gk?

    Cra ngindrin FRP nya gimna....mkasi sblumnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa-apa. Sebelum dan sesudah root, selalu aktifkan OEM Unlock di menu developers option.

      Delete
    2. gan...setelah diinstall ulang firmwarenya...data-data yg lama hilang ga?termasuk foto yg di insternal?

      Delete
    3. aplikasi hasil download akan hilang bersama datanya. Tapi untuk file-file di memory internal tidak.

      Delete
    4. Pengalaman saya setelah diroot, semua data dan apk termasuk setingan yang lain tidak berubah, asal jangan direset usernya.

      Delete
  26. Firmware apa, saya udh tau cara yg oem unlock sama usb debugging nya gan, cuma saya gak ngerti masalah firmware nya gan

    ReplyDelete
  27. Gan kalo gak di instal ulang firmware gpp kan ?

    ReplyDelete
  28. hp saya j5, sudah cutstom binary blocked, namun untuk dwonload kies 3, atau frimware emng mesti banyar yah gan.

    ReplyDelete
  29. hp saya j5, sudah cutstom binary blocked, namun untuk dwonload kies 3, atau frimware emng mesti banyar yah gan.

    ReplyDelete
  30. Gan mau nayak punyak say galaxy j1 2016
    Ketika sudah sy root sayA matiin oem dan usb dbuging
    Bisa gk di flash ulang

    ReplyDelete
  31. Mau nanya Bos.. itu hp yg sdh root, terus kalau hpnya mau di kembali pngaturan pabrik apakah Omunlock juga akan kmbali sprti semula/nonaktif ya..? Klo OmUnlock nonaktif Entr bisa kena block.

    ReplyDelete
  32. Bang saya root smsung j2 pernah kaya gitu 2 x kira" bisa gk di root lgi klo oem nya di aktipin...

    ReplyDelete
  33. gan tolong ane.. ane kan root juga hp ane (a3 2016) nah alhasil setelah ane restart sama masalahnya "custom binary blocked by frp lock" yg ingin ditanyakan bisa ga posisi hp spti itu di ambil/di backup apps bsrta data2nya?

    ReplyDelete
  34. Apa harus slalu saya aktifkan gan OEM unlock nya??? Supaya ga ke block kan?

    ReplyDelete
  35. Kk mau nanya dong sudah flash tapi gagal di partition. Padahal frimwelnya sudah cococok kira2 ada masalah di mananya yah

    ReplyDelete
  36. Hp sy j7 prime.stlh root,trs sy mau instal supersu yg pro lwt recovery mode.tp knp g' bs y ? Tulisanny can't mount sd card.

    ReplyDelete
  37. Mas, itu install ulang firmware nya pake odin jg? kan katanya oem nya ke lock tetep bisa yaa ? mohon dibales gan. hp saya jg ke block frp gara2 oem nya saya matikan..

    ReplyDelete
  38. Mas, itu install ulang firmware nya pake odin jg? kan katanya oem nya ke lock tetep bisa yaa ? mohon dibales gan. hp saya jg ke block frp gara2 oem nya saya matikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya install pakai odin. Oem lock karena dimatiin, jadi FRP mendeteksi adanya perubahan binary ketika android sudah diroot yang menyebabkan pemblokiran. Nah dengan install ulang firmware otomatis akses root akan hilang dan binary gak bakal kena block.

      Delete
  39. Assalamualikum.
    Mas hp saya dulu pernah di root. Saat mau di flash tiba2 gagal dan ada tulisannya custom binary blocked. Caranya biar bisa hidup lagi gimana iya ? Hp samsung j2

    ReplyDelete
  40. Tadi hp samsung a5 2016 mau dilock terus di firmwere udh g ke lock malah bootloop gk bisa kemana2 ada bacaan logo samsung a5 dan mau di reset gk bisa. masuk recovery bisa.msuk lalu ke mod download doang mohon bantuany
    mass

    ReplyDelete
  41. Saya sudah mencoba tapi hasilnya failed..tolong pencerahannya buat samsung j5 2016 marsmallow..

    ReplyDelete
  42. J1 ace selesai root oem dan usb dimatikan pas dihidupkan kembali udah kaga bisa carnya biar bisa hidup kembali gimana gan

    ReplyDelete
  43. Kalo ga bisa masuk recovery mode gimana gan? Udah di coba berulang kali. Yg muncul "tidak ada perintah"

    ReplyDelete
  44. Maaaf mas, HH ane Samsung J3 pro ..
    Dalam pengaturan HH ane, dalam Developer Option nya,USB debugnya bisa di unlock, tapi OEM sama sekali tidak bisa di unlock, ada masukan gx gan ??

    ReplyDelete
  45. Apakah data dan aplikasi bakalan terhapus gan??

    ReplyDelete
  46. Apakah data dan aplikasi bakalan terhapus gan??

    ReplyDelete
  47. mas saya sudah ikuti langkahnya kenpa fail ya

    ReplyDelete
  48. MISI MAS KALAU GAGAL ROOT TERUS JADI COSTUM BINARY BLOCKED BY FRP GMN..TERUS OEMnya lupa di buka solusinya gmn?

    ReplyDelete
  49. gan kalau kayak gitu COSTUM BINARY BLOCKED BY FRP dan lupa centang usb debuging gimana solusinya ya>?

    ReplyDelete
  50. Kalau di service ke konter Kira2 berapa duit ya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!