Tutorial Flash Firmware Samsung Galaxy Menggunakan Odin

Instal ulang atau Flash firmware pada android berguna untuk mengupdate system ke versi yang lebih baru atau bisa juga untuk mengembalikan status perangkat ke kondisi semula. Sobat mungkin mempunyai smartphone yang kedapatan masalah baik itu bootlop atau bosan dengan status rootnya, cara ini mungkin adalah jalan terbaiknya.

Tutorial Flash Firmware

Flashing firmware pada smartphone Samsung dapat dilakukan menggunakan sofware komputer/PC yakni ODIN. Bukan hanya firmware saja, Odin juga bisa digunakan untuk melakukan root android samsung dan beberapa file system seperti PIT Partition juga dapat diinstal secara terpisah menggunakan Odin.

Cara Flash Firmware Samsung Galaxy

Untuk melakukan flashing firmware tentu harus punya file firmware yang cocok atau sesuai dengan region / negara serta build number (AP/PDA) dari smartphone tersebut. Sobat dapat mencarinya langsung dari situs resmi sammobile.com. Supaya firmware bisa didownload, sobat diharuskan login atau registrasi lebih dulu disana. Download juga Odin v3.10.7 dan Samsung USB driver. Kedua tool ini hanya kompatibel dengan komputer/PC windows.

Untuk melihat detail AP/PDA, CP, dan CSC smartphone Samsung bisa diketahui melalui dial dengan memasukkan *#1234# (Note: mungkin tidak bekerja untuk type tertentu).

Tutorial

1). Pastikan baterai smartphone minimal 50% karena proses flashing akan memakan waktu lumayan lama. Buka pengaturan smartphone kemudian aktifkan USB debugging pada menu Developer options. Sebenarnya secara default sudah aktif tetapi tidak ada salahnya dipastikan lagi

2). Instal Samsung USB driver pada komputer sobat. Ini berguna supaya smartphone dapat terkoneksi ke komputer melalui port USB.

3). Extract Firmware dan Odin dari hasil download. Untuk mempermudah simpanlah satu folder di komputer.

4). Matikan smartphone dan masuk ke mode download. Caranya tekan dan tahan tombol Volume down + Home + Power secara bersamaan sampai mode download terbuka kemudian tekan Volume up untuk melanjutkan.

5). Jalankan Odin.exe hasil extract dan sambungkan Smartphone ke komputer menggunakan kabel USB (gunakan kabel USB bawaan smartphone atau yang berkualitas baik). Dan sobat perhatikan pada tampilan Odin, pastikan muncul tulisan "Added" pada Log Odin dan ID:COM akan nampak berwarna biru (ini menandakan samsung USB driver berfungsi dan berhasil terkoneksi).

Connect to Odin

6). Sekarang klik AP/PDA pada Odin dan masukkan firmware dengan ekstensi .tar.md5 dari hasil extract. Sobat perhatikan lagi pada tampilan Log Odin, pastikan muncul tulisan Checking MD5 finished Sucessfully.. Leave CS.. Kemudian klik Start untuk memulai flashing.

Flashing Firmware

7). Proses flashing akan memakan waktu cukup lama 5 sampai 10 menit bahkan lebih tergantung ukuran firmware. Dan saat mendekati finish, smartphone akan reboot berulang-ulang. Disini sobat jangan melepas kabel USB sampai tampilan Odin muncul tulisan PASS! berwarna hijau.

Flash Firmware Selesai

Sekarang sobat boleh melepas kabel USB dari komputer dan selamat...! Proses flashing firmware smartphone android Samsung Galaxy sudah selesai.

Artikel Terkait:

19 Responses to "Tutorial Flash Firmware Samsung Galaxy Menggunakan Odin"

  1. kalau fail gimana cara ngatasinya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di wipe data dulu terus diulangi lagi. Pastikan driver usb bekerja baik, hp benar-benar terkoneksi dengan PC ada tandanya di Odin. Dan pastikan juga firmwarenya cocok sesuai model/nomor versi

      Delete
  2. broo gw galaxy j2 tapi country nya cuman ada india. sri lanka, unknow. kira kira yang betul yang mana yahh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. J200G pakai saja XID memang di sammobile tulisannya unknown tp nggak apa-apa bos

      Delete
  3. broo kalo SM-G920P pakai yg mana? adanya xas, vmu, bst yang unknown

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending pakai pencarian AP/PDA. Agan ketik dulu di hp nya *#1234# nanti catat kode AP nya buat mencari di sammobile

      Delete
  4. Bos kalau hp tidak terkoneksi di odin bagai mana ya?
    -cable usb uda sambung tapi tetap juga tidak terkoneksi,tilong pencerahannya mas bro

    ReplyDelete
  5. Bos kalau hp tidak terkoneksi di odin bagai mana ya?
    -cable usb uda sambung tapi tetap juga tidak terkoneksi,tilong pencerahannya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal dulu samsung usb driver ke pc sob

      Delete
  6. gan punya gw udah terlanjur blocked binary nih jadi hp nya udah keburu mati dluan, trus USB Debugging nya masih dalam keadaan off tuh , jadi pas ane udah extract di odin hasil nya gagal terus , tolong pencerahannya bro hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren saya juga gitu tapi berhasil tuh

      Delete
  7. booting setelah flash kok lama ya gan? awalnya marsmallow di flash lollipop, apa ngaruh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa gan, yg penting bisa kebuka lg hp nya, updatenya setelah hp bisa berjalan normal aja

      Delete
  8. gan hp saya samsung tab 2, saya flesing sampai selesai tapi tetap juga cuman sampai di samsung saja, kira kira apa lagi solusinya itu gan, mohon antuanya terimakasih.

    ReplyDelete
  9. terimakasih banyak, tahun lalu nyoba root terus beberapa hari kemudian ngalami ni masalah, skrg mau root lagi tapi ijin sedot artikel nya untuk was was :)

    ReplyDelete
  10. Maaf gan untuk mendownload firmwarenya saya mengalami kendala.. masalah sama seperti diatas dan saya sudah mencoba tetapi hasilnya fail gimana yah gan tolong bantunyaaa yaa huhu ????😭

    ReplyDelete
  11. gan kalo firmware nya udah di exstract tapi waktu masuk odin trus mau masukin file firmware nya gak ada gimana solusinya gan,,,tlong pencerahanya gan!!!

    ReplyDelete
  12. gan kalo firmware nya udah di exstract tapi waktu masuk odin trus mau masukin file firmware nya gak ada gimana solusinya gan,,,tlong pencerahanya gan!!!

    ReplyDelete
  13. gan cara biar tau ap/pda dan firmware yang cocok tapi keadaan hh udah bootloop. gmn gan? mohon pencerahan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!