Cara Memindahkan Data Obb Game Atau Aplikasi Ke Eksternal SD Card

Sudah banyak aplikasi di google play yang fungsinya untuk memindahkan data aplikasi maupun file obb suatu game. Dan kali ini saya ambil satu dari sekian aplikasi, yang akan saya bahas berikut tutorial cara menggunakannya.

cara memindahkan obb ke sd card

Aplikasi ini bernama FolderMount, cara kerjanya dia akan membuat link folder data atau obb dari aplikasi yang ada di internal ke eksternal sd card. Untuk memindahkan file data mencakup semua aplikasi termasuk game juga bisa, sedangkan file obb sendiri biasanya hanya terdapat pada game-game tertentu. File obb bisa anda temui di internal sdcard0/Android/obb.

Cara ini membutuhkan hak akses root dan tidak berjalan untuk perangkat yang masih resmi. Bagi yang belum pernah root androidnya sebaiknya harus tahu dulu kelebihan dan resiko setelah root android, sebelum memutuskan untuk melakukan rooting.

Cara memindahkan Data / Obb dengan FolderMount

#1. Install FolderMount dari google play. Kemudian buka aplikasinya dan berikan izin dari superuser.

#2. Klik menu dibagian pojok kiri atas dan pilih Apps analyzer. Cari aplikasi yang akan dipindahkan file data/obb nya, gambar dibawah saya memilih game Asphalt 8.

cara memindahkan obb ke sd card

#3. Dari gambar diatas terlihat size data dibagian atas dan obb dibawahnya. Klik Create pair, terserah mau yang mana duluan, file obb nya saja juga gak apa-apa.

#4. Setelah diklik akan muncul keterangan pilih Yes, nanti akan terlihat lokasi file sebelum dan sesudahnya.

cara memindahkan obb ke sd card

#5. Beri ceklist di bagian Exclude from media scan. Ini berfungsi untuk meremove file data/obb yang ada di internal supaya tidak terjadi duplikat file jika sudah dipindahkan ke eksternal sdcard. Tetapi fitur ini masih Beta jadi mungkin dibeberapa perangkat tidak berfungsi alias terjadi duplikat file. Jangan khawatir meskipun nanti filenya ada 2, memori internal tidak akan termakan sama file tersebut.

#6. Klik tanda ceklis pada bagian atas dan tunggu sampai proses pemindahan selesai, anda bisa mengeceknya dibagian status bar.

#7. Jika pemindahan sudah selesai jangan lupa balikin lagi ke tampilan utama dan klik icon Pin dipojok kiri bawah atau langsung disebelah aplikasinya supaya berubah warnanya menjadi hijau. Dengan demikian file data/obb sudah benar-benar dipindahkan ke eksternal sdcard dan aplikasinyapun berjalan dengan baik.

cara memindahkan obb ke sd card

Note: Untuk mengembalikannya seperti semula tinggal klik icon Pin supaya berwarna putih, kemudian tekan dan tahan lalu hapus. Nanti file data/obb akan berpindah ketempatnya semula.

Cukup mudah bukan?
Dengan melakukan ini memori internal tidak akan berkurang dan kinerja perangkatpun akan tetap lancar. Tetapi ada sedikit kekurangan menggunakan trik ini yaitu hanya bisa memindahkan file data/obb aplikasi saja dan bukan file aplikasinya. Untuk memindahkan aplikasi anda bisa menggunakan Link2sd plus.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

17 komentar untuk "Cara Memindahkan Data Obb Game Atau Aplikasi Ke Eksternal SD Card"

Comment Author Avatar
siip makasih gan :)


Ingin Bayar PPOB Menggunakan Smartphone Android ? Download Aplikasinya : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile Gratis. Bisa juga digunakan untuk Isi Voucher Pulsa , Token PLN , dan lainnya. Download Sekarang Atau Klik www.serbabayar.com
Comment Author Avatar
Gan,klo mindahin obb gta sa bisa gak??
Comment Author Avatar
semua file obb game bisa dipindah sob, silahkan dicoba
Comment Author Avatar
Gan mau tanya kantadi sudah di pindah file obbnya ke external trus yg file obb yang asli di hapus ya yang berda di internal
Comment Author Avatar
Tidak perlu dihapus gan
Comment Author Avatar
Harus root pastinya ini... kalo blom d root bagaiman?
Comment Author Avatar
Betul sekali mas Ridho, tutorial diatas butuh akses root. Kalau belum nggak bisa bekerja
Comment Author Avatar
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
Comment Author Avatar
kok crisis action gagal ya . apa ada yg salah gue nya
Comment Author Avatar
oya satu lagy min file yg di data be arti bisa di pindahin juga gk
Comment Author Avatar
Memang harus di root dulu ya hp nya