Cara Menyimpan Banyak Password Dengan Google Smart Lock

Google-Smart-Lock

Menyimpan password tidak harus dengan membuat catatan khusus di kertas ataupun notepad. Dengan memanfaatkan Google, semua itu bisa dilakukan secara otomatis. Kamu dapat menyimpan banyak password yang berbeda-beda dari setiap akun situs atau aplikasi yang kamu miliki dengan fitur yang disebut Google Smart Lock.

Cara kerja Google Smart Lock, Ia akan terintegrasi dengan Google Chrome yang tersemat akun Google kamu untuk menawarkan penyimpanan kata sandi setiap kali kamu login ke salah satu akun melalui browser tersebut. Jadi setelah password disimpan, kamu dapat melihatnya untuk mengingat kembali jika suatu saat kamu lupa.

Baca juga: Cara menampilkan Tab Colors pada Chrome Dev

Menyimpan Password di Google Smart Lock Biar Tidak Lupa

Untuk menyimpan banyak password akun seperti Facebook, Twitter, Instagram atau situs lainnya kamu diharuskan mengakses dengan Google Chrome, disini saya jelaskan untuk smartphone Android.

1. Buka aplikasi Google Chrome dan Masuk ke Chrome dengan akun Google kamu melalui menu Setelan.

2. Browsing dan login ke salah satu situs yang akan disimpan passwordnya. Sebagai contoh saya akan menyimpan sandi facebook.

3. Ketika berhasil masuk ke situs, dari bawah akan muncul jendela Google Smart Lock yang menawarkan untuk menyimpan sandi situs. Klik "Simpan".

Menyimpan password

4. Sekarang menuju pengaturan Chrome, Setelan > Menyimpan sandi. Disini kamu akan melihat daftar situs yang sudah disimpan passwordnya.

Password tersimpan

5. Untuk melihat password dari situs tersebut, dari gambar diatas klik passwords.google.com kemudian masukkan sandi kembali (sandi Google) dan klik Masuk.

6. Disini halaman penyimpanan sandi terbuka. Gulir kebawah untuk melihat daftar akun situs atau aplikasi yang sudah disimpan. Kamu dapat melihat ID akun dan Password dengan menekan icon mata.

Melihat password

Tips dan saran

  • Supaya password tetap tersimpan di Google Smart Lock, maka jangan sekali-kali dihapus, entah dari halaman passwords.google.com maupun Google Chrome.
  • Ketika ingin menghapus data browsing pada Chrome, jangan mencentang Saved Password / Sandi yang tersimpan.

Mudah bukan? Dengan menyimpan banyak password akun situs dan aplikasi di Google Smart Lock, maka ID akun dan password yang tadinya lupa bisa diketahui kembali.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

3 komentar untuk "Cara Menyimpan Banyak Password Dengan Google Smart Lock"

Comment Author Avatar
Pretty good post. I have just stumbled upon your blog and enjoyed reading your blog posts very much. I am looking for new posts to get more precious info. Big thanks for the useful info. Generate Password For Folder Free Download PC - Don't Waste Time Looking, Study Information About PC Desktops On this page how to encrypt a file before sending email
Comment Author Avatar
Continuously I used to read smaller articles or reviews that as well clear their motive, and that is also happening with this post which I am reading now. More helpful hints: 6 Best Ways To Sell Encryption Software & 6 Ways You Can How To Encrypt A Password For Free Without Investing Too Much Of Your Time
Comment Author Avatar
I am glad that I saw this post. It is informative blog for us and we need this type of blog thanks for share this blog, Keep posting such instructional blogs and I am looking forward for your future posts.
Cyber Security Projects for Final Year

JavaScript Training in Chennai

Project Centers in Chennai

JavaScript Training in Chennai