Membuat Font Android dari Tulisan Tangan sendiri

Punya tulisan tangan yang bagus sayang banget kalau nggak dibuatkan font sendiri. Apa, dibikin font? Iya sob... membuat font ternyata tidak sulit, tak perlu skill khusus, cukup menulisnya dengan tulisan sendiri maka font ciptaanmu sudah bisa digunakan diberbagai perangkat terutama Android.

Membuat font Android dari tulisan tangan sendiri akan lebih mudah menggunakan tool online MyScriptFont. Cara kerjanya, cukup mengambil sample Template dari MyScriptFont dalam bentuk PDF atau PNG kemudian sobat edit sendiri. Mengeditnya bisa memakai PDF creator maupun Photo editor (jika template yang didownload adalah PNG). Dibawah ini adalah template font hasil editan saya menggunakan Photo editor. Jelek yo ben... hohoho

Font tulisan tangan

Selain kedua cara tersebut, bisa juga template dibikin bentuk kertas melalui proses printing yang kemudian font dapat ditulis memakai pena dan selanjutnya di scan kembali menjadi file digital. Nah, setelah semuanya beres tinggal diupload kembali ke MyScriptFont supaya diconvert menjadi file TTF sehingga bisa kita pasang di perangkat Android masing-masing.

Berikut panduan membuat font Android dari tulisan tangan

1. Kunjungi situs MyScriptFont lalu download sample template yang disediakan dalam bentuk PDF atau PNG. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh disini saya menggunakan template PNG, sobat bisa langsung ambil samplenya disini.

2. Gunakan Photo editor yang kamu punya, usahakan yang mampu import gambar paling tidak 4000px seperti PicSay atau PicArt. Saya sendiri lebih terbiasa memakai Photoshop Touch for Phone. hehe... Lah kok, emang bagus ya? Silahkan baca Komparasi PicSay Pro vs Photoshop Touch dan bandingkan sendiri.

3. Edit template, isi setiap partisi font dengan font tulisan tangan yang dibuat menggunakan Paint Tool yang terdapat pada photo editor. Usahakan tinggi dan lebar font sesuai dengan sample. Perbesar / zoom gambar supaya menulisnya lebih enak.

Edit script template font
Note:
  • Partisi bagian atas wajib diisi semua.
  • Partisi Optional Letters hanya tambahan saja, tidak harus semuanya terisi atau dikosongkanpun tidak masalah.
4. Jika sudah selesai edit, simpan kembali dengan format PNG atau JPG.

5. Kembali ke situs MyScriptFont, tekan tombol "Pilih File" kemudian upload template yang sudah dibuat font tulisan tangan tadi. Beri nama font dan biarkan Output formatnya "TTF" kemudian tekan "Start". Setelah proses selesai, silahkan download font TTF nya.

Upload template MyScriptFont

Baca juga: 7 Emoji Font Android Lollipop dan Kitkat

Font buatan kamu sudah jadi, sekarang tinggal dipasangkan ke smartphone Android. Caranya gunakan aplikasi HiFont atau iFont atau yang lain. Kedua aplikasi ini dapat menginstal font dari penyimpanan, mendukung Android yang sudah root maupun non root. Untuk yang non root dukungan perangkat terbatas, hanya beberapa tipe perangkat saja seperti Galaxy S3, S4, S5, Note, Note 2, Note 3, etc. Selengkapnya sobat langsung saja lihat detailnya di Play Store.

Sebagai contoh disini saya memakai HiFont untuk menginstal font Android dari tulisan tangan saya sendiri.

1. Instal HiFont dari Play Store kemudian buka aplikasinya.

2. Tap icon Menu > Font Saya > Font Custom. Nah kalau misal font buatanmu belum muncul disitu, silahkan pindahkan terlebih dahulu file font-nya ke folder HiFont di Internal kemudian tap tombol hijau untuk refresh. Jika sudah muncul, tap atau tekan pada area font buatanmu.

Hifont font saya

3. Pada tampilan berikutnya tekan tombol "Gunakan", dan jika muncul popup disuruh mendownload plugin maka tekan "OK" (pastikan data internet aktif).

Mendownload plugin Hifont

4. Font buatanmu siap diinstal, klik "INSTAL" dan atur atau pilih font buatanmu untuk ditampilkan di perangkat "YA" dan selesai.

Instal font sendiri

Gimana? Mudah bukan..? Dengan begini dijamin Android kamu akan terlihat berbeda dari yang lain karena font yang dipakai adalah font dari tulisan tangan sendiri dan belum ada yang menyamainya. Jika tutorial ini dirasa bermanfaat, silahkan share. Dan bagi yang masih bingung, tulis saja dikolom komentar.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

1 komentar untuk "Membuat Font Android dari Tulisan Tangan sendiri"

Comment Author Avatar
kenapa font saya tidak ada di list saat akan mengganti font di display setting ? :\